Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Pendapat Ahli

PendapatPakar.com – Sejatinya manusia sebelum dilahirkan ke dunia telah memiliki hak asasi dimana sebagai seorang manusia tentunya memiliki hak yang menjadi dasar dari setiap manusia tersebut. Hak disini yang dimaksudkan adalah suatu bentuk kekuasaan untuk melakukan sesuatu atas apa yang dimilikinya, sehingga hak asasi manusia merupakan hak-hak yang dimilikinya sejak ia dalam kandungan yang diberikan secara langsung oleh sang Pencipta.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Pendapat Ahli

Ada beberapa perjanjian mengenai HAM itu sendiri namun yang paling dikenal adalah dasar-dasar dasar-dasar HAM tertuang dalam Declaration of Independence of USA “Deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat” juga tertulis dalam UUD 1945, misalnya pada pasal 28, pasal 27 ayat 1, pasal 30 ayat 1, pasal 29 ayat 2 dan pasal 31 ayat 1. Nah dalam pengertian HAM banyak sekali definisi mengenai pengertian hak asasi manusia “HAM”, untuk lebih jelasnya lansung saja kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Pendapat Ahli :

Menurut C. de Rover
HAM merupakan hak hukum yang sama kepada setiap manusia baik kaya atau miskin, laki-laki maupun wanita. Walaupun hak-hak yang telah mereka langgar akan tetapi HAM mereka tetap tidak dapat dihilankan. Hak asasi ialah hukum yang mesti terlindungi dari aturan nasional agar semuanya terpenuhi sehingga HAM dapat ditegakkan, dijunjung tinggi serta dilindungi.

Menurut Muladi
HAM Merupakan segala hak pokok atau dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.

Menurut Wikipedia
Hak Asasi Manusia merupakan hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak mereka dalam kandungan.

Menurut Karel Vasak
Hak Asasi Manusia diklasifikasikan dalam tiga generasi yang terinspirasi oleh tiga tema pada Revolusi Perancis yaitu Generasi pertama: Hak Politik dan Sipil “Liberte”, Generasi kedua, Hak Sosial, Ekonomi dan Budaya “Egalite” dan Generasi Ketiga, Hal Solidaritas “Fraternite”. Tiga generasi tersebut perlu dipahami sebagai satu kesatuan, saling melengkapi dan saling berkaitan. Vasak menggunakan istilah “generasi” untuk menunjuk pada ruang lingkup dan substansi hak-hak yuang dprioritaskan pada satu kurun waktu tertentu.

Menurut John Locke
Hak Asasi Manusia merupakan hak-hak yang langsung diberikan Tuhan kepada manusia sebagai hak yang kodrati. Oleh karenanya tidak ada kekuatan apapun di dunia yang bisa mencabutnya. HAM ini sifatnya mendasar “fundamental” bagi kehidupan manusia dan pada hakikatnya sangat suci

Menurut Franz Magnis Suseno
HAM merupakan hak-hak yang sudah dipunyai pada setiap manusia dan bukan karena diperoleh dari masyarakat “manusia lain”, bukan karena hukum positif yang berlaku, tapi atas martabatnya sebagai seorang manusia, manusia mempunyai HAM karena ia merupakan manusia.

Menurut Komnas HAM
HAM mencakup segala bidang kehidupan manusia baik politik, ekonomi, sipil, sosial dan kebudayaan. Kelimanya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Hak-hak asasi politik dan sipil tidak ada artinya apabila rakyat masih harus bergelut dengan penderitaan dan kemiskinan.

Demikian artikel tentang pengertian hak asasi manusia menurut pendapat ahli semoga bermanfaat.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Pendapat Ahli | mrqadar | 4.5