Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

 

PendapatPakar.Com – Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli pada dasarnya telah banyak diberikan diberbagai media baik online maupun offline. hubungan internasional sendiri bisa diartikan sebagai bentuk pola interaksi atau hubungan dari dalam negeri ke luar negeri dengan berbagai macam kepentingan baik politik hukum ekonomi budaya dan keamanan dan masih banyak lagi.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Namun sebelum jauh membahas pengertian hubungan internasional menurut para ahli sebaiknya kita memahami dulu arti penting hubungan internasional. Hubungan internasional dianggap penting dalam rangka untuk menumbuhkan saling pengertian antarbangsa, mempererat hubungan persahabatan dan persaudaraan antarbangsa, saling mencukupi kebutuhan masing-masing bangsa yang bekerja sama, memenuhi rasa keadilan dan kesejahteraan, dan membina dan menegakkan perdamaian dan ketertiban dunia. Suatu negara yang tidak mau mengadakan hubungan internasional dengan negara lain akan terkucilkan dalam pergaulan dunia. Akibatnya, negara tersebut akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya

Menurut Tulus Warsito Hubungan internasional adalah studi terhadap interaksi dari politik luar negeri dari beberapa pelosok.

Menurut Drs. R. Soeprapto Hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

Menurut wikipedia Hubungan Internasional (HI; sering disebut Studi Internasional (SI), meski keduanya tidak sama) adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negara

Menurut J.C. Johari, hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas negara

Menurut Mohtar Mas’oed, hubungan internasional adalah hubungan yang melibatkan bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang kompleks dan melibatkan banyak negara.

Menurut Tygve Nathlessen, hubungan internasional adalah bagian dari ilmu politik, oleh karena itu komponen hubungan internasional sendiri tak lepas dari politik internasional, organisasi dan administrasi internasional serta hukum internasional.

Menurut Suwardi Wiraatmaja Hubungan internasional mencakup segala hubungan antar bangsa dan kelompok bangsa dalam masyarakat lingkungan, dan kekuatan-kekuatan, tekanan-tekanan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak dan trik berfikir manusia.

Menurut Jeremy Bentham Hubungan internasional adalh ilmu yang merupakan sebuah kesatuan disiplin dan punya ruang lingkup serta konsep-konsep dasar.

Menurut John Lewis Gaddis Hubungan internasional ialah bidang kajian yang berguna bagi negarawan dalam cara untuk membangun dunia yang lebih baik.

Demikian artikel tentang pengertian hubungan internasional menurut para ahli semoga bermanfaat.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli | mrqadar | 4.5